Cara Cek MD5 Download Yang Rusak

Share on:
md5-hash

Seringkali, saat mengunduh file besar, kita dapat melihat kode yang disediakan yang memiliki format MD5 Hash. Apa fungsinya? Hanya sedikit penjelasan yang mengatakan bahwa ini disebut algoritma hash dan dapat digunakan sebagai kode identitas file. Kode ini unik dan menjamin bahwa file yang kita dapatkan sama sekali tidak dimodifikasi.

Untuk file besar, akan sangat berguna untuk mengetahui apakah file yang Anda download itu rusak atau tidak. Mengenai masalah keamanan, dari sana kita juga tahu apakah file tersebut murni tanpa ada perubahan dari sumbernya. Jadi, manfaatnya sangat besar jika Anda tidak ingin file yang di download rusak.

Salah satunya menggunakan MD5 Hash, yang memverifikasi MD5 file yang telah Anda download dan Anda bandingkan dengan apa yang disediakan oleh server (download.web.id). Jika file Anda unduh lengkap dan cocok dengan MD5 server, selamat file Anda 100% aman dan tidak terjadi korup.

Bagaimana cara menggunakan MD5 Hash?

(1)
Download HashTab – Google Drive 1
Download HashTab – Google Drive 2
MD5: 910fefec98ecd1c92acbe8941b2e37f1
(Size: 995 KB)

(2)
Instal aplikasi, pilih file yang ingin Anda periksa, klik Kanan pilih Properties dan tunggu sampai proses verifikasi selesai. Kode MD5 akan di tampilkan pada aplikasi Hash Value.

file-hashes

(3)
Setelah MD5 muncul, samakan dengan MD5 yang disediakan di server download.web.id dan masukkan kode MD5-nya di Hash Comparison, jika cocok, file yang Anda download utuh dan tidak rusak atau korup.

== | Cara Download | ==
| Password Download: 12341234 | Password RAR / ZIP: 1234 |

Tinggalkan komentar